02 Agustus 2012

PEKERJAAN PLESTERAN DAN SCREEDING


LINGKUP PEKERJAAN

Lingkup pekerjaan ini meliputi penyediaan tenaga kerja, bahan-bahan, peralatan dan alat-alat bantu yang diperlukan dalam terlaksananya pekerjaan ini sehingga dapat diperoleh hasil pekerjaan yang baik.

Pekerjaan plester ini meliputi seluruh detail yang disebutkan/ditunjukkan dalam gambar sebagai alas lantai finishing.


PEKERJAAN YANG BERHUBUNGAN

Pekerjaan  Batu Bata Merah / Bata Ringan
Pekerjaan  Sealant


STANDAR

ASTM      :  American Society for Testing and Material, USA
C144       :  Anggreate for Mansonry Mortar.
C150       :  Portland Cement
C631       :  Bonding Compounds for Interior Plastering

PCA  :  Portland Cement Association, USA.
             Plesterer’s Manual, PVB 1962

PBI 1971 ( NO-2)

Peraturan Cement Portland Indonesia 1972  (NI-8)


PERSETUJUAN

Kontraktor wajib membuat shop drawing dan memperlihatkan contoh bahan plester/screeding untuk disetujui oleh Konsultan Pengawas.


B A H A N

Semen yang memenuhi persyaratan ASTM C-150.

Air untuk campuran plester harus bebas dari unsur-unsur asing, minyak, asam, zat nabati/organis yang dapat merugikan dan mempengaruhi pengikatan awal plester/screeding.

Zat tambah (admixture) tidak boleh digunakan tanpa adanya persetujuan Konsultan Pengawas.

Pasir harus bersih, tajam dan bebas dari minyak.


PELAKSANAAN

Untuk pasangan yang langsung di atas tanah, tanah yang akan dipasang sub-lantai harus dipadatkan untuk mendapatkan permukaan yang rata dan padat sehingga diperoleh daya dukung tanah yang maksimum, pemadatan dipergunakan alat timbris.

Pasir urug bawah lantai yang disyaratkan harus merupakan permukaan yang keras, bersih dan bebas alkali, asam maupun bahan organik lainnya yang dapat mengurangi mutu pasangan.
Tebal lapisan pasir urug yang disyaratkan minimal 10 cm atau sesuai gambar, disiram air dan ditimbris sehingga diperoleh kepadatan yang maksimal.

Diatas pasir urug dilakukan pekerjaan sub-lantai setebal 5 cm atau yang ditunjukkan dalam gambar detail dengan campuran 1 pc : 3 pasir : 5 koral.

Untuk pasangan diatas pelat beton (lantai tingkat), pelat beton diberi lapisan plester (screed) campuran 1 pc : 3 pasir setebal minimum 2 cm dengan memperhatikan kemiringan lantai, terutuma didaerah basah dan teras, setebal 3 cm.

Sub-lantai beton tumbuk diatas lantai dasar permukaannya harus dibuat benar-benar rata, dengan memperhatikan kemiringan lantai didaerah basah dan teras.


versi lengkap (PDF) dapat diunduh disini

0 komentar:

Posting Komentar