02 Agustus 2012

PEKERJAAN BATA RINGAN


LINGKUP PEKERJAAN

Pekerjaan ini meliputi penyediaan tenaga kerja, bahan-bahan, peralatan dan  alat-alat bantu yang dibutuhkan dalam terlaksananya pekerjaan ini untuk mendapatkan hasil yang baik.

Pekerjaan  pasangan bata ringan celkone ini  meliputi  seluruh detail   yang  disebutkan / ditunjukkan  dalam   gambar .


PEKERJAAN YANG BERHUBUNGAN

Pekerjaan  Adukan dan Pasangan.


STANDAR

Batu bata harus memenuhi NI-10
Semen Portland harus memenuhi NI-8.
Pasir harus memenuhi  NI-3 Pasal 14 ayat 2.
Air harus memenuhi PVBI-1982 Pasal 9.


BAHAN/PRODUK

Batu bata ringan yang digunakan bata celkone ex. lokal dengan kualitas terbaik yang disetujui Perencana/Konsultan Management Konstruksi, siku dan sama ukurannya 10x20x40.

Plasteran dinding menggunakan MU-301,PM-200 dengan acian dinding MU-200,PM-300


PELAKSANAAN

  1. Pasangan  batu bata ringan /  bata celkone,  dengan menggunakan aduk MU-300,PM-100.
  2. Setelah bata terpasang dengan aduk, nad/siar-siar  harus dikerok rata dan dibersihkan dengan sapu  lidi dan kemudian disiram air.
  3. Pasangan  dinding bata ringan sebelum  diplester  dengan MU-301,PM-200 harus  dibasahi dengan air  terlebih dahulu dan siar-siar telah dikerok serta dibersihkan.
  4. Setelah pekerjaan plesteran selesai tidak diperkenankan untuk langsung diaci atau di pasang keramik dinding, tunggu 48 jam setelah kelembaban air keluar dalam dinding/berkeringat kering, dapat dilakukan pekerjaan acian dengan MU-200,PM-300 atau pemasangan keramik dinding.
  5. Pemasangan dinding bata dilakukan bertahap, setiap tahap terdiri maksimum  8-10 lapis setiap harinya, diikuti dengan cor kolom praktis.
  6. Bidang  dinding 1/2 batu yang  luasnya  lebih besar dari 12  m2  ditambahkan  kolom  dan  balok  penguat   (kolom praktis) dengan ukuran 12 x 12 cm, dengan tulangan pokok  4 diameter 10 mm, beugel diameter 6 mm jarak 20 cm.
  7. Pembuatan lubang pada pasangan untuk perancah/steiger sama sekali tidak diperkenankan.
  8. Pembuatan lubang  pada  pasangan  bata ringan yang berhubungan dengan  setiap  bagian  pekerjaan  beton  (kolom)  harus diberi penguat stek-stek  besi beton diameter 6 mm jarak 75 cm,  yang terlebih  dahulu ditanam dengan  baik  pada bagian  pekerjaan  beton dan bagian yang  ditanam  dalam pasangan   bata ringan sekurang-kurangnya 30 cm  kecuali ditentukan lain.
  9. Tidak diperkenankan memasang bata ringan yang  patah 2 (dua) melebihi  dari 2 %. Bata yang patah lebih dari  2  tidak boleh digunakan.
  10.  Pasangan bata  untuk  dinding  1/2  batu   harus menghasilkan dinding  finish  setebal  13 cm  dan  untuk dinding 1 batu finish adalah 25 cm. Pelaksanaan pasangan harus cermat, rapi dan benar-benar tegak lurus.


versi lengkap (PDF) dapat diunduh disini

3 komentar: