02 Agustus 2012

PEKERJAAN PENGECATAN


A.        U M U M


LINGKUP PEKERJAAN

Persiapan permukaan yang akan diberi cat.

Pengecatan permukaan dengan bahan-bahan yang telah ditentukan. Cat emulsi, epoxy, enamel, dan cat manie, Polyurethane.

Pengecatan semua permukaan dan area yang ada pada gambar dan yang disebutkan secara khusus, dengan warna dan bahan yang sesuai dengan petunjuk Perencana.

PEKERJAAN YANG BERHUBUNGAN

Pekerjaan  Langit-langit dan partisi gypsum board (kecuali Gypsum Tile).
Pekerjaan  Langit-langit Gypsum Water Resistant
Pekerjaan  Pasangan Bata
Pekerjaan  Kayu
Pekerjaan  Pintu dan Jendela

STANDARD

a.         PUBI   : 54, 1982
            PUBI   : 58, 1982
b.         NI        : 4
c.         ASTM : D - 361.
d.         BS No. 3900, 1970
e.         AS K-41

PERSETUJUAN

Standard Pengerjaan (Mock-up)

Sebelum pengecatan yang dimulai, Pemborong harus melakukan pengecatan pada satu bidang untuk tiap warna dan jenis cat yang diperlukan. Bidang-bidang tersebut akan dijadikan contoh pilihan warna, texture, material dan cara pengerjaan. Bidang-bidang yang akan dipakai sebagai mock-up ini akan ditentukan oleh Direksi Lapangan.

Jika masing-masing bidang tersebut telah disetujui oleh Direksi Lapangan dan Perencana, bidang-bidang ini akan dipakai sebagai standard minimal keseluruhan pekerjaan pengecatan.


Contoh dan Bahan untuk Perawatan

Pemborong harus menyiapkan contoh pengecatan tiap warna dan jenis pada bidang-bidang transparan ukuran 30 x 30 cm2. Dan pada bidang-bidang tersebut harus dicantumkan dengan jelas warna, formila cat, jumlah  lapisan dan  jenis lapisan (dari cat dasar s/d lapisan akhir).

Semua bidang contoh tersebut harus diperlihatkan kepada Direksi Lapangan dan Perencana. Jika contoh-contoh tersebut telah disetujui secara tertulis oleh Perencana dan Direksi Lapangan, barulah pemborong melanjutkan dengan pembuatan mock-up seperti tersebut diatas.

Pemborong harus menyerahkan kepada Direksi Lapangan untuk kemudian akan diteruskan kepada pemberi tugas minimal 5 galon tiap warna dan jenis cat yang dipakai. Kaleng-kaleng cat tersebut harus tertutup rapat dan mencantumkan dengan jelas indentitas cat yang ada didalamnya. Cat ini akan dipakai sebagai cadangan untuk perawatan, oleh pemberi tugas.


B.        BAHAN/PRODUK

ICI / AKZO NOBEL setara

Untuk dinding-dinding luar bangunan digunakan cat luar Weathershield product ICI atau PT.Akzo Nobel decorina , dengan garansi penuh selama 5 tahun.

Untuk dinding-dinding dalam bangunan digunakan cat jenis Emulsi Acrylic merk ICI / AKZO NOBEL dengan lapisan dasar Alkali Resistance Sealer 440-2075 merk AKZO NOBEL warna Lake Stone.

Plamur yang digunakan adalah plamur tembok dan plamer ICI / Putty 550-1967 merk AKZO NOBEL .

Untuk Plafond / langit-langit digunakan AKZO NOBEL / ICIPentalite, warna Brillian White.          

C.        PELAKSANAAN

PEKERJAAN DINDING

Yang termasuk pekerjaan cat dinding adalah pengecatan seluruh plesteran bangunan dan/atau bagian-bagian lain yaang ditentukan gambar.

Sebelum dinding diplamur, plesteran sudah harus betul-betul kering tidak ada retak-retak dan Pemborong meminta persetujuan kepada Konsultan Pengawas.
Pekerjaan plamur dilaksanakan dengan pisal plamur dari plat baja tipis dan lapisan plamur dibuat setipis mungkin sampai membentuk bidang yang rata.

Sesudah 7 hari plamur terpasang dan percobaan warna besi No. 00, kemudian dibersihkan dengan bulu ayam sampai bersih betul. Selanjutnya dinding cat dengan menggunakan Roller.

Untuk mendapatkan tekstur pada pengecatan dinding yang ditentukan dengan finish texture spray paint, digunakan Texture Finish Pasta texture dengan bahan dasar emulsi acrylic ini disemprotkan dengan alat penyemprot compressor.

Untuk  cat  semprot  emulsi  bertexture,  pada  dinding  luar digunakan plesteran 1 pc : 5 ps dengan pasir diayak halus, disemprotkan dengan mesin semprot pada bidang plesteran 1 pc : 5 ps yang rata. Setelah kering dan keras baru disemprot dengan alkali resistance sealer dan dicat emulssi. Lapisan pengecatan untuk dinding luar adalah 3 (tiga) lapis dengan kekentalan sama setiap lapisnya.

Lapisan pengecatan dinding dalam terdiri dari 1 (satu) lapis alkali resistance sealer yang dilanjutkan dengan 3 (tiga) lapis emulsion dengan kekentalan cat sebagai berikut :

-  Lapis   I    encer ( tambahan 20 % air )
-  Lapis   II   kental
-  Lapis   III  encer.

Untuk warna-warna yang jenis, Kontraktor diharuskan menggunakan kaleng-kaleng dengan nomor percampuran (batch number) yang sama.

Setelah pekerjaan cat selesai, bidang dinding merupakan bidang yang utuh, rata, licin, tidak ada bagian yang belang dan bidang dinding dijaga terhadap pengotoran-pengotoran.


PEKERJAAN CAT LANGIT-LANGIT

Yang termasuk dalam pekerjaan cat langit-langit adalah langit-langit gypsum board, pelat beton atau bagian-bagian lain yang ditentukan gambar.

Cat yang digunakan merk ICI / AKZO NOBEL, warna ditentukan perencana setelah melakukan percobaan pengecatan.

Plamur yang digunakan adalah plamur gypsum.

Selanjutnya semua metode/prosedur sama dengan pengecatan dinding dalam pasal 13 kecuali tidak digunakannya lapis alkali resistance sealer pada pengecatan langi-langit ini.

Sambungan-sambungan gypsum board harus rata agar tidak terlihat sebagai retakan sesudah dicat.


PEKERJAAN CAT KAYU

Yang termasuk dalam pekerjaan cat kayu adalah kosen dan daun pintu panil, dan/atau bagian-bagian lain yang ditentukan gambar.

Cat yang digunakan adalah merk ICI / AKZO NOBEL jenis Synthetic enamel, warna ditentukan perencana setelah melakukan percobaan pengecatan.

Bidang yang akan dicat diberi manie kayu merk Patna, warna merah 1 lapis, kemudian diplamur dengan plamur kayu sampai lubang-lubang//pori-pori terisi sempurna.

Setelah 7 (tujuh) hari, bidang plamur diamplass besi halus dan dibersihkan dari debu kemudian dicat sekurang-kurangnya 3 (tiga) kali dengan menggunakan kwas.

Setelah pengecatan selesai, bidang cat yang terbentuk, utuh, tata, tidak ada bintik-bintik atau gelembung udara dan bidang cat dijaga terhadap pengotoran.



PEKERJAAN FINISHING MELAMIC

Yang termasuk pekerjaan ini adalah seluruh bidang-bidang pekerjaan kayu yang terlihat didalam bangunan utama, termasuk kosen, panil-panil lis-lis, railing kayu, pekerjaan interior dan mebel, plant, serta bagian-bagian lain yang ditentukaan dalam gambar.

Semua permukaan kayu yang hendak dimelamic, dibersihkan dari debu minyak dan kotoran yang mungkin melekat disitu.

Sesudah betul-betul bersih, digosok dengan amplas kayu, agar supaya seluruh permukaan kayu rata d an licin, tidak lagi terdapat serat kayu yang tidak rata pada permukaan kayu tersebut.

Apabila seluruh permukaaan kayu sudah licin, pori-pori kayu harus ditutup dengan melamic wood filler secukupnya, kemudian digosok dengan kain sampai halus dan rata.

Permukaan kayu yang telah diplamur dengan wood filler tersebut, dihaluskan dengan amplas Duco yang halus, kemudian debu bekas amplas tersebut dibersihkan.

Pembuatan wood filler dilakukan dengan mencampur 10 bagian sanding sealer 4421-2917 dengaan bagian hardener 8873-0801 dan ditambahkan dengan talk secukupnya. wood filler diaplikasikan dengan kape sampai pori-pori tertutup sempurna dengan diamplas Duco yang haluss untuk setiap lapisan.

Pewarna dipakai dari produksi yang sama daya sebar mencapai 8 - 10 m2 perliter satu lapis. Warna akan ditentukan kemudian oleh Perencana.

Sanding sealer 421  - 2917 sebagai cat  dasar dicampur dengan hardener 873-0802 serta diencerkan dengan thinner 803-0030. Perbandingan campuran adalah 10 bagian Sanding Sealer + 1 bagian hardener + Thinner secukupnya.
Dibutuhkan 2 - 3 lapis cat dasar setiap lapisan haruss diamplas sempurna sehingga diperoleh permukaan yang halus dan rata.

Cat akhiran dipakai Plastofix  241 dengan 421-1512 ulasan Plastofix lapis 1 dengan rata dan sempurna dan amplas sempurna kemudian ulasan Plastomix lapis ke 2 dan yang terakhir lapis 3 adalah lapisan finished tidak perlu diamplas. Jenis Plastomix  akan ditentukan kemudian oleh Perencana.


PEKERJAAN CAT BESI

yang termasuk pekerjaan ini adalah pengecatan seluruh bagian-bagian besi pagar beserta pintunya, pintu-pintu besi tulang-tulang dan pekerjaan besi lain ditentukan dalam gambar.

Cat yang dipakai adalah merk AKZO NOBEL / ICI / Danapaint jenis Syntetic enamel.

Pekerjaan cat dilakukan setelah bidang yang akan dicat, selesai diamplas halus  dan bebas debu, oli dan lain-lain.

Sebagai lapisan dasar anti karat dipakai sebagai cat dasar 1 kali. Sambungan las dan ujung yang tajam  diberi ‘touch up’ dengan dua lapis U-pox Red lead primer 520-1130 setelah itu lapisan tebal 40 micron diulaskan.

Setelah kering sesudah 24 jam, dan diamplass kembali maka disemprot 1 lapis. Setelah 48 jam mengering baru lapisan akhir U-pox enamel 103 disemprot 2 lapis.

Pengecatan dilakukan dengan menggunakan semprot dengan compressor 2 lapis.

Setelah pengecatan selesai, bidang cat harus licin, utuh, mengkilap, tidak ada gelembung-gelembung dan dijaga terhadap pengotoran-pengotoran.


PEKERJAAN MENI KAYU
                                                                       
Yang termasuk pekerjaan ini adalah pengecatan seluruh permukaan multiplex plywood yang akan dicat, rangka langit, rangka-rangka pintu dan atau bagian-bagian lain yang ditentukan gambar.

Meni yang digunakan adalah menie kayu merk Patna warna merah.

Semua kayu hanya boleh dimenie ditapak proyek dan mendapat persetujuan Konsultan Pengawas.

Sebelum pekerjaan menie dilakukan, bidang kayu kasar harus diamplas dengan amplas kayu kasar dan dilanjutkan dengan amplas kayu halus sampai permukaan bidang licin dan rata.

Pekerjaan menie dilakukan dengan menggunakan kwas, dilakukan lapis, sedemikan rupa sehingga bidang kayu tertutup sempurna dengan lapisan menie.


* * * * *


versi lengkap (PDF) dapat diunduh disini

0 komentar:

Poskan Komentar