02 Agustus 2012

PEKERJAAN SANITAIR


A.      U M U M


Lingkup Pekerjaan
a.         Termasuk dalam pekerjaan pemasangan sanitair ini adalah penyediaan tenaga kerja, bahan-bahan, peralatan dan alat-alat bantu lainnya yang digunakan dalam pekerjaan ini hingga tercapai hasil pekerjaan yang bermutu dan sempurna dalam pemakaiannya/operasinya.

b.         Pekerjaan pemasangan wastafel, urinal, klosed, keran, perlengkapan kloset, floor drain, clean out dan metal sink.

Pekerjaan yang berhubungan
a.         Pekerjaan  Waterproofing
b.         Pekerjaan  Plumbing

Persetujuan
a.    Semua bahan sebelum dipasang harus ditunjukkan kepada Perencana/Konsultan Management Konstruksi beserta persyaratan/ketentuan pabrik untuk mendapatkan persetujuan. Bahan yang tidak disetujui harus  diganti tanpa biaya tambahan.

b.    Jika dipandang perlu diadakan penukaran/penggantian bahan, pengganti harus disetujui Perencana/Konsultan Management Konstruksi berdasarkan contoh yaang dilakukan Kontraktor.


B.        BAHAN/PRODUK

1.       Untuk wastafel, urinal, kloset dan keran merk AMERICAN STANDARD dalam negeri atau setara.
2.       Floor drain dan clean out : AMERICAN STANDARD/Viega, atau setara.

C.         PELAKSANAAN

  1. Sebelum pemasangan dimulai, Kontraktor harus meneliti gambar-gambar yang ada dan kondisi dilapangan, termasuk mempelajari bentuk, pola, penempatan, pemasangan sparing-sparing, cara pemasangan dan detail-detail sesuai gambar.

  1. Bila ada kelainan dalam hal ini apapun antara gambar dengan gambar, gambar dengan spesifikasi dan sebagainya, maka Kontraktor harus segera melaporkannya kepada  Perencana/Konsultan Management Konstruksi.

  1. Kontraktor tidak dibenarkan memulai pekerjaan disuatu tempat bila ada kelainan/berbedaan ditempat itu sebelum kelainan tersebut diselesaikan.

  1. Selama pelaksanaan harus selalu diadakan pengujian/pemeriksaan untuk kesempurnaan hasil pekerjaan dan fungsinya.

  1. Kontraktor wajib memperbaiki/mengulangi/mengganti bila ada kerusakan yang terjadi selama masa pelaksanaan dan masa garansi, atas biaya Kontraktor, selama kerusakan bukan disebabkan oleh tindakan Pemilik.

6.         Pekerjaan Wastafel
a.  Wastafel yang digunakan adalah merk AMERICAN STANDARD ex dalam negeri atau setara lengkap dengan segala accessoriesnya seperti tercantum dalam brosurnya. Type-type yang dipakai dapat dilihat pada skedul sanitair terlampir.

b.  Wastafel  dan perlengkapannya yang dipasang adalah yang telah diseleksi baik tidak ada bagian yang gompal, retak atau cacat-cacat lainnya dan telah disetujui oleh Konsultan Management Konstruksi.

c.  Ketinggian dan konstruksi pemasangan harus disesuaikan gambar untuk itu serta petunjuk-petunjuk dari produksennya dalama brosur. Pemasangan harus baik, rapi, waterpass dan dibersihkan dari semua kotoran dan noda dan penyambungan instalasi plumbingnya tidak boleh ada kebocoran-kebocoran.

7.         Pekerjaan  Urinal
a.      Urinal berikut kelengkapannya yang digunakan adalah merk AMERICAN STANDARD type yang dipakai adalah : dengan fitting standard.

b.      Urinal yang dipasang adalah urinal yang telah diseleksi dengan baik, tidak ada bagian-bagian yang gompal, retak dan cacaat lainnya dan  telah disetujui Konsultan Management Konstruksi.

c.      Pemasangan urinal pada tembok menggunakan Baut Ficher atau stainless steel dengan ukuran yang cukup untuk menahan beban seberat 20 kg tiap baut.

d.      Setelah urinal terpasang, letak dan ketinggian pemasangan harus sesuai gambar untuk itu, baik waterpassnya. Semua celah-celah yang mungkin ada antara dinding dengan urinal ditutup dengan semen berwarna sama dengan urinal sempurna.
Sambungan instalasi plumbingnya harus baik tidak ada kebocoran-kebocoran air.

8.         Pekerjaan Kloset
a.      Kloset duduk berikut segala kelengkapannya yang dipakai adalah AMERICAN STANDARD/American standard ex dalam negeri, type yang dipakai dapat dilihat pada skedule sanitair terlampir.

b.      Kloset jongkok berikut kelengkapannya dipakai merk AMERICAN STANDARD ex dalam negeri. Type-type yang dipakai termasuk kran tekan, warna akan ditentukan Perencana.

c.      Kloset beserta kelengkapannya yang dipasang adalah yang telah diseleksi dengan baik, tidak ada bagian yang gompal, retak atau cacat-cacat lainnya dan telah disetujui Konsultan Management Konstruksi.

d.      Untuk dudukan dasar kloset dipakai papan jati tua telab 3 cm dan telah dicelup dalam larutan pengawet tahan air, dibentuk seperti dasar  kloset. Kloset disekrupkan pada papan tersebut dengan sekrup kuningan.

e.      Kloset harus terpasang dengan kokoh letak dan ketinggian sesuai gambar, waterpass. Semua noda-noda harus dibersihkan, sambungan-sambungan pipa tidak boleh ada kebocoran-kebocoran.

9.         Pekerjaan Keran
a.       Semua keran yang dipakai, kecuali kran dinding adalah merk AMERICAN STANDARD dengan chromed finish. Ukuran disesuaikan keperluan masing-masing sesuai gambar plumbing dan brosur alat-alat sanitair. Keran-keran tembok dipakai yang berleher panjang dan mempunyaai ring dudukan yang harus dipasang menempel pada dinding type T.23 B 13 V 7 (N).
          Keran-keran yang dipasang dihalaman harus mempunyai ulir sink di ruang saji dan dapat disambung dengan pipa leher angsa (extention). Keran untuk sink di  ruang saji type T. 30 AR 13 V 7 (N).
b.       Stop keran yang dapat digunakan  merk Kitazawa bahan kuningan dengan putaran berwarna hijau, diameter dan penempatan sesuai gambar untuk itu.
c.       Keran-keran harus dipasang pada pipaa air bersih dengan kuat, siku, penempatannya harus sesuai dengan gambar-gambar untuk itu.

10.       Floor Drain dan Clean Out
a.    Floor drain dan Clean out yang digunakan adalah metal verchroom, lobang dia. 2” dilengkapi dengan siphon dan penutup berengsel untuk floor drain dan depverchron dengan draad untuk clean out merk setara AMERICAN STANDARD.

b.    Floor drain dipasang ditempat-tempat sesuai gambar untuk itu.

c.    Floor drain yang dipasang telah diseleksi baik, tanpa cacat dan disetujui Konsultan Management Konstruksi.

d.    Pada tempat-tempat yang akan dipasang floor drain, penutup lantai harus dilobangi dengan rapih, menggunakan pahat kecil dengan bentuk dan ukuran sesuai ukuran floor drain tersebut.

e.    Hubungan pipa metal dengan beton/lantai menggunakan perekat beton kedap air Embeco ex. MTC dan pada lapis teratas setebal 5 mm diisi dengan lem Araldit ex. Ciba.

f.     Setelah floor drain dan clean out terpasang, pasangan harus rapih waterpass, dibersihkan dari noda-noda semen dan tidak ada kebocoran.

11.       Pekerjaan Metal Sink
a.    Metal sink yang digunakan ialah merk Diethelm type 46/107 atau setara tebal minimum 1 mm, bahan stainless steel, jenis satu basin untuk ruang saji dan dua basin untuk dapat dengan kran khusus untuk itu.

b.    Metal sink yang dipasang adalah yang telah diseleksi dengan baik sehingga tidak ada bagian yang cacat dan direkatkan dengan kuat pada dasarnya sesuai dengan gambar untuk itu.

c.    Setelah metal sink terpasang, letak ketinggian pemasangan sesuai dengan gambar untuk itu, baik waterpassnya dan bebas dari kebocoran-kebocoran air.



versi lengkap (PDF) dapat diunduh disini

1 komentar:

  1. Terimakasih banyak informasinya, sangat membantu sekali, semoga dapat pahala yang berlimpah aminn

    BalasHapus