02 Agustus 2012

PEKERJAAN PINTU & JENDELA ALUMINIUM


A.      U M U M


LINGKUP PEKERJAAN

Menyediakan tenaga kerja, bahan-bahan, peralatan dan alat-alat bantu lainnya untuk melaksanakan pekerjaan sehingga dapat tercapai hasil pekerjaan yang baik dan sempurna.

Pekerjaan ini meliputi pembuatan daun pintu dan jendela panil kaca seperti yang ditunjukkan dalam gambar.

PEKERJAAN YANG BERHUBUNGAN

a.         Pekerjaan  Kaca dan Cermin
b.         Pekerjaan  Alat Penggantung dan Pengunci
c.         Pekerjaan  Sealant.

STANDAR

ANSI  (American National Standard Institute, USA)

A 134.1 - Specification for Aluminium Window

ASTM       :    E 330
SII             :    Standard Industri Indonesia

PENYIMPANAN

Penimbunan bahan-bahan pintu ditempat pekerjaan harus ditempatkan pada ruang/tempat dengan sirkulasi udara yang baik, tidak terkena cuaca langsung dan terlindung dari kerusakan dan kelembaban.

PERSETUJUAN

a.      Shop drawing :
Harus memperhatikan dengan jelas dimensi, sistim konstruksi, hubungan-hubungan antar komponen, cara peng-angkuran dan lokasinya, penempatan hardware, dan detail-detail pemasangan.

Harus memperhatikan kesesuaiannya dengan gambar rencana dan spesifikasi.

Shop drawing harus dikoordinasikan dengan “Ironmongery” guna ketepatan perkuatan-perkuatan yang diperlukan serta lokasi dari hadware tersebut.

Shop drawing harus memperlihatkan juga detail-detail pemasangan kaca, gasket, serta sealant.

           
b.      Contoh bahan :
Kontraktor harus menyerahkan 3 set contoh semua bahan yang memperlihatkan tekstur, finishing dan warna.

Sampul profil-profl extruded panjangnya minimum 300 mm.  Untuk aluminium sheet, ukuran 300 x 300 mm2, ketebalan sesuai dengan yang akan dipakai.

Semua sampul harus diberi tanda yang memperlihatkan ketebalan, jenis alloy, warna dn pekerjaan dimana bahan tersebut akan dipakai.


B.        BAHAN/PRODUK

BAHAN RANGKA

Dari bahan aluminium framing system, dari produk, dalam negeri yang ex. YKK, Alcan setara disetujui Perencana/Konsultan Management Konstruksi.

Bentuk dan ukuran profil disesuaikan terhadap shop drawing yang telah disetujui Perencana/Konsultan Management Konstruksi.

Pewarnaan Natural aluminum anodize sesuaikan dengan ketentuan pabrik, atau kalau diperlukan warna harus dikoordinasikan dengan Perencana dan MK .

Nilai batas deformasi yang diijinkan 2 mm.

Bahan yang diproses di pabrik harus diseleksi terlebih dahulu dengan seksama sesuai dengan bentuk toleransi, ukuran, ketebalan, kesikuan, kelengkungan, pewarnaan yang disyaratkan oleh Perencana/Konsultan Management Konstruksi.

Persyaratan bahan yang digunakan harus memenuhi uraian dan syarat-syarat dari pekerjaan aluminium serta memenuhi ketentuan-ketentuan dari pabrik yang bersangkutan.

Daun pintu dengan konstruksi panel kaca rangka aluminium, seperti yang ditunjukkan dalam gambar, termasuk bentuk dan ukurannya.

PENJEPIT KACA

Digunakan penjepit kaca dari bahan karet yang bermutu baik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan dari pabrik, pemasangan disyaratkan hanya 1 (satu) sambungan serta harus kedap air.

BAHAN PANIL DAUN PINTU, JENDELA, PARTISI.

Semua bahan untuk pintu kaca interior Frame less menggunakan :
Tempered Glass tebal 12 mm.

Semua bahan kaca yang digunakan harus bebas noda dan cacat, bebas sulfida maupun bercak-bercak lainnya, dari produk PT. Asahimas Jaya Safety Glass.


C.        PELAKSANAAN

Sebelum melaksanakan pekerjaan, Kontraktor diwajibkan untuk meneliti gambar-gambar yang ada dan kondisi dilapangan (ukuran dan lubang-lubang bukaan), termasuk mempelajari bentuk, pola, layout/penempatan, caraa pemasangan, mekanisme dan detail-detail sesuai gambar.

Harus diperhatikan semua sambungan siku untuk rangka aluminium dan penguat lain yang diperlukan hingga terjamin kekuatannya dengan memperhatikan/menjaga kerapihan terutamaa untuk bidang-bidang tampak tidak boleh ada cacat berkas penyetelan.

Semua ukuran harus sesuai gambar dan merupakan ukuran jadi.

Daun pintu.

a.      Jika diperlukan, harus menggunakan sekrup galvanized atas persetujuan Perencana/Konsultan Management Konstruksi tanpa meninggalkan bekas cacat pada permukaan yang tampak.

b.      Untuk daun pintu panel kaca setelah dipasang harus rata dan tidak bergelombang dan tidak melintir.


* * * * *






versi lengkap (PDF) dapat diunduh disini

0 komentar:

Posting Komentar