29 Juli 2012

PEKERJAAN BETON BERTULANG NON STRUKTURAL


LINGKUP PEKERJAAN
  
Menyediakan tenaga kerja, bahan-bahan, peralatan  dan alat-alat bantu lainnya untuk melaksanakan  pekerjaan seperti  dinyatakan dalam gambar, dengan  hasil  yang baik dan sempurna.
        
Pekerjaan ini meliputi beton kolom praktis, beton ring balok untuk bangunan yang dimaksudkan termasuk  pekerjaan besi beton dan  pekerjaan  bekisting/acuan,  dan  semua pekerjaan  beton  yang  bukan struktur, sesuai yang ditunjukkan di dalam gambar.

STANDARD
  
Pengendalian pekerjaan ini harus sesuai dengan :

  • Peraturan-peraturan/standar  setempat  yang  biasa  dipakai.
  • Peraturan-peraturan  Beton Bertulang Indonesia  1971,  NI - 2.
  • Peraturan Konstruksi Kayu Indonesia 1961, NI - 5.
  • Peraturan Semen Portland Indonesia 1972, NI - 8.
  • Peraturan Pembangunan Pemerintah Daerah Setempat.
  • Ketentuan-ketentuan Umum untuk pelaksanaan  Pemborong Pekerjaan  Umum  (AV) No. 9 tanggal 28 Mei  1941  dan Tambahan Lembaran Negara No. 1457.
  •  Petunjuk-petunjuk dan peringatan-peringatan lisan maupun tertulis yang diberikan Perencana/Konsultan Pengawas.
  • Standar Normalisasi Jerman (DIN).
  • American Society for Testing and Material (ASTM).
  • American Concrete Institute (ACI).


BAHAN / PRODUKSI

Persyaratan Bahan

Semen Portland :
Yang digunakan harus dari mutu yang terbaik,  terdiri dari satu jenis merk dan atas persetujuan Perencana/Konsultan Pengawas dan harus memenuhi NI-8. Semen yang telah mengeras sebagian/seluruhnya tidak dibenarkan untuk digunakan. Penyimpanan Semen Portland harus diusahakan sedemikian rupa sehingga bebas dari kelembaban, bebas dari air dengan lantai terangkat dari tanah dan ditumpuk sesuai dengan syarat penumpukan semen.

Pasir Beton :
Pasir harus terdiri dari butir-butir yang bersih  dan bebas dari bahan-bahan organis, lumpur dan sebagainya dan  harus memenuhi komposisi butir  serta kekerasan yang dicantumkan dalam PBI 1971.

Koral Beton/Split :

Digunakan  koral  yang  bersih,  bermutu  baik  tidak berpori  serta  mempunyai  gradasi  kekerasan  sesuai dengan syarat-syarat PBI 1971.

Penyimpanan/Penimbunan pasir koral beton harus dipisahkan satu dengan yang  lain, hingga dapat dijamin kedua bahan tersebut tidak tercampur untuk  mendapatkan perbandingan adukan beton yang tepat.

Air

Air  yang digunakan harus air tawar yang  bersih  dan  tidak mengandung minyak, asam, alkali dan bahan-bahan organis/bahan lain yang dapat merusak beton dan harus memenuhi NI-3 pasal 10.  Apabila  dipandang  perlu  Perencana/Konsultan Pengawas  dapat  minta  kepada  Kontraktor supaya air yang dipakai  diperiksa di laboratorium pemeriksaan bahan yang resmi dan  sah atas biaya Kontraktor.
        
Besi Beton

Digunakan  mutu TP 30, besi harus bersih dari  lapisan  minyak/lemak  dan  bebas dari cacat  seperti  serpih-serpih. Penampang besi bulat serta memenuhi persyaratan  NI-2  (PBI 1971). Bila  dipandang  perlu Kontraktor diwajibkan untuk memeriksa mutu besi beton ke laboratorium pemeriksaan bahan yang resmi dan  sah atas biaya Kontraktor.

Sebelum pelaksanaan pekerjaan, Kontraktor harus memberikan contoh-contoh material misalnya : besi, koral,  pasir, PC untuk mendapatkan persetujuan dari Perencana/Konsultan Pengawas.
        
Contoh-contoh yang telah disetujui oleh Perencana/Konsultan Pengawas, akan dipakai sebagai standard/pedoman untuk memeriksa/menerima material yang   dikirim oleh Kontraktor ke site.


Syarat-syarat Pengiriman dan Penyimpanan Bahan

Bahan  harus  didatangkan  ketempat  pekerjaan  dalam  keadaan utuh dan tidak bercacat.  Beberapa bahan  tertentu  harus  masih di dalam  kotak/kemasan   aslinya  yang  masih   tersegel   dan berlabel pabriknya.

Bahan harus disimpan ditempat yang terlindung dan tertutup,  kering,  tidak lembab  dan  bersih  sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan pabrik.

Tempat penyimpanan harus cukup, bahan ditempatkan dan dilindungi sesuai dengan jenisnya.

Kontraktor bertanggung jawab terhadap kerusakan selama pengiriman dan penyimpanan.

Bila  ada kerusakan, Kontraktor wajib mengganti  atas  beban Kontraktor.


versi lengkap (PDF-nya) dapat diunduh disini

0 komentar:

Posting Komentar