31 Juli 2012

PEKERJAAN BATU BATA MERAH

LINGKUP PEKERJAAN
        
Pekerjaan ini meliputi penyediaan tenaga kerja, bahan-bahan, peralatan dan  alat-alat bantu yang dibutuhkan dalam terlaksananya pekerjaan ini untuk mendapatkan hasil yang baik.

Pekerjaan  pasangan  batu bata ini  meliputi  seluruh detail   yang  disebutkan / ditunjukkan  dalam   gambar .


PEKERJAAN YANG BERHUBUNGAN

Pekerjaan  Adukan dan Pasangan.


STANDAR

Batu bata harus memenuhi NI-10
Semen Portland harus memenuhi NI-8.
Pasir harus memenuhi  NI-3 Pasal 14 ayat 2.
Air harus memenuhi PVBI-1982 Pasal 9.


BAHAN/PRODUK

Batu bata marah yang digunakan batu bata merah ex. lokal dengan kualitas terbaik yang disetujui Perencana/Konsultan Management Konstruksi, siku dan sama ukuranya 5 x 11 x 23 cm.


PELAKSANAAN

  1. Pasangan  batu bata/batu merah,  dengan menggunakan aduk campuran 1 PC : 5 pasir pasang.
  2. Untuk  semua dinding luar, semua  dinding  lantai  dasar mulai  dari  permukaan  sloof sampai  ketinggian  30  cm diatas  permukaan lantai dasar, dinding  didaerah  basah          setinggi  160  cm  dari permukaan  lantai,  serta  semua dinding   yang  pada  gambar  menggunakan  simbol   aduk trasraam/kedap  air  digunakan  aduk  rapat  air  dengan campuran 1pc : 2 pasir pasang.
  3. Sebelum digunakan batu bata harus direndam dalam bak air atau drum hingga jenuh.
  4. Setelah bata terpasang dengan aduk, nad/siar-siar  harus dikerok  sedalam 1 cm dan dibersihkan dengan  sapu  lidi dan kemudian disiram air.
  5. Pasangan  dinding  batu  bata  sebelum  diplester  harus  dibasahi dengan air  terlebih dahulu dan siar-siar telah dikerok serta dibersihkan.
  6. Pemasangan dinding  batu bata dilakukan bertahap, setiap tahap terdiri maksimum  24 lapis setiap harinya, diikuti dengan cor kolom praktis.
  7. Bidang  dinding 1/2 batu yang  luasnya  lebih besar dari 12  m2  ditambahkan  kolom  dan  balok  penguat   (kolom praktis) dengan ukuran 12 x 12 cm, dengan tulangan pokok  4 diameter 10 mm, beugel diameter 6 mm jarak 20 cm.
  8. Pembuatan lubang pada pasangan untuk perancah/steiger sama sekali tidak diperkenankan.
  9. Pembuatan lubang  pada  pasangan  bata  yang berhubungan dengan  setiap  bagian  pekerjaan  beton  (kolom)  harus diberi penguat stek-stek  besi beton diameter 6 mm jarak 75 cm,  yang terlebih  dahulu ditanam dengan  baik  pada bagian  pekerjaan  beton dan bagian yang  ditanam  dalam pasangan   bata   sekurang-kurangnya 30 cm  kecuali ditentukan lain.
  10. Tidak diperkenankan memasang bata merah yang  patah  dua melebihi  dari 5 %. Bata yang patah lebih dari  2  tidak boleh digunakan.
  11. Pasangan   batu  bata  untuk  dinding  1/2  batu   harus menghasilkan dinding  finish  setebal  15 cm  dan  untuk dinding 1 batu finish adalah 25 cm. Pelaksanaan pasangan harus cermat, rapi dan benar-benar tegak lurus.


versi lengkap (PDF) dapat diunduh disini

2 komentar: