02 Agustus 2012

PEKERJAAN CEILLING ACOUSTIC


A.      UMUM

PEKERJAAN LANGIT-LANGIT GYPSUM TILE / GYP TILE & ACCOUSTIC TILE.

Untuk menjamin tersedianya bahan pada waktunya, bahan harus dipesan paling lambat 1 minggu sebelum dipasang, untuk mana Kontraktor harus menunjukkan  penegasan pesanan setelah contoh bahan disetujui oleh Konsultan Pengawas dan Perencana.  Untuk menjaga mutu dan kualitas bahan yang terpasang, pemasangan harus dilaksanakan oleh agen yang resmi ditunjuk oleh pabrik. Diutamakan pelapisan accoustic glass woll maupun bahan sejenis di bagian dalam ceiling sebelum penyetelan gypsum / accoustic tile.


RANGKA LANGIT-LANGIT

Rangka langit-langit terbuat dari “hot-dipped galvanized steel” dengan penutup aluminium warna “low glass white”.

Rangka merupakan “grid” yang terdiri dari profil-profil berbentuk T (tee) yang terdiri atas profil utama (maintee), profil penghubung (cross tee) dan lis-lis tepi dia. 4 mm, dengan gasper pengatur ketinggian.

Semua batang profil untuk rangka langit-langit telah diseleksi dengan baik, lurus dan rata.  Tidak ada bagian yang bengkok atau melengkung atau cacat-cacat lainnya.  Semua bahan yang akan dipasang harus disetujui terlebih dahulu oleh Konsultan Pengawas.

Seluruh rangka langit-langit digantung pada plat beton atas balok beton kawat penggantung seperti telah disebutkan pada 1 butir b.  Kawat penggantung dikaitkan pada pelat besi yang dipaku dengan paku ramset ke plat beton/balok beton.    

Setelah seluruh rangka langit-langit terpasang, seluruh permukaan harus rata, lurus dan waterpass.  Tidak ada bagian yang bergelombang dan batang-batang rangka harus saling tegak lurus.

PENUTUP LANGIT-LANGIT GYPSUM TILE/ ACCOUSTIC TILE          

Gypsum tile yang dipasang adalah yang telah dipilih dengan baik, bentuk dan ukuran tiap unit harus sama dan tidak ada bagian yang retak, sumbing atau cacat-cacat lainnya dan telah mendapat persetujuan dari Konsultan Pengawas.

Sebelum pemasangan, panel-panel gypsum harus disimpan di ruang dimana panel-panel tersebut akan dipasang, selama ± 4 jam.  Tujuannya agar panel-panel tersebut menyesuaikan diri dengan suhu dan kelembaban ruangan. Untuk mencegah melengkungnya panel dan setelah pemasangan, disarankan pada setiap permukaan belakang panel direkatkan 2 buah besi siku mengaku secara diagonal.
Gypsum tile dipasang dengan cara pemasangan sesuai dengan gambar untuk itu dan setelah terpasang, bidang permukaan langit-langit harus rata, lurus, waterpass dan tidak bergelombang. Sambungan antara unit-unit harus merupakan garis lurus dan rata.


LINGKUP PEKERJAAN :         

Seluruh bagian ruang, ceiling utama maupun drop ceiling area


B A H A N

Merk Bahan

Bahan gypsum dan Accoustic tile terbuat dari Jayaboard, CSR, Knauf, atau produk Accoustic ex Import. yang mempunyai ketahanan terhadap perambatan api dan menghantaran panas.  Ketebalan bahan 12 mm, ukuran nominal  60 x 120 cm, colour finish serta bertexture, square / rounded perforated 0.35 cm

Rangka langit-langit gypsum tile merk setara Produksi joff metal.





versi lengkap (PDF) dapat diunduh disini

0 komentar:

Posting Komentar